RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/II
Standar Kompetensi : 3. Memahami
dampak globalisasi dalam kehidupan
bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar : 3.4 Menentukan
sikap terhadap dampak glabalisasi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
Indikator : Menentukan sikap terhadap dampak
glabalisasi yang positif bagi kehidupan
bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.
Menentukan sikap terhadap dampak glabalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan
bernegara.
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
,siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan sikap terhadap dampak glabalisasi
yang positif berbagai bidang kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan
bernegara.
2.
Menjelaskan sikap terhadap dampak glabalisasi
yang negatif berbagai bidang kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan
bernegara.
3.
Memberikan contoh dampa yang positif
dari globlisasi diberbagai bidang kehidupan dilihat dari dari budaya
,ekonomi maupun sosial
4.
Memberikan contoh dampak glabalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan
bernegara.
v
Karakter yang diharapkan :
Santun,religius,disiplin ,peduli ,cinta tanah
air, demokratis, semangat kebangsaan ,gemar, membaca ,menghargai pendapat orang
lain ,kerjasama ,bersahabat, komunikatif.
B. Materi Pembelajaran
1.
Sikap
terhadap dampak positif globalisasi
2.
Sikap terhadap dampak negative globlisasi
C. Model Pembelajaran : Make A
Match
D. Langkah –langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai
Karakter
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.Apersepsi/Intruduction
·
Guru mengucapkan salam
dan mengajak siswa berdo’a bersama.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
·
Guru mengingatkan
kembali materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
·
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b.
Motivasi / connection
·
Penjajaan kesiapan
belajar dengan memberikan pertanyaan berkaitan dengan sikap terhadap dampak
positif dan negatif globalisasi
|
·
Siswa berdo’a bersama
·
Siswa memberitahukan guru
kalau ada siswa yang tidak hadir
·
Siswa menjawab pertanyaan
mengenai pertanyaan sebelmumnya
·
Siswamendengarkan guru
dengan seksama
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru yang berkaitan dengan sikap terhadap dampak positif dan negatif
globalisasi
|
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa
ingin tahu
cinta
ilmu
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan Inti /Application
a.
Eksplorasi
·
Guru menyiapkan kartu yang
terdiri dari pertanyaan dan jawaban yang akan dibagikan kepada siswa
·
Guru membagikan kartu dan
jawaban kepada masing-masing siswa
b.Elaborasi
·
Guru meminta siswa yang
telah mendapat pasangan untuk membaca pertanyaan dan jawaban pada kartu
·
Guru memfasilitasi siswa
untuk menyajikan hasil kerja meraka melalui diskusi klasikal
·
Guru memfasilitasi siswa
untuk menyajikan hasil kerja mereka melalui diskusi klasikal
C,Konfirmasi
·
Guru melakukan refleksi
terhadap materi yang telah dipelajari tentang sikap terhadap dampak positif dan negatif globalisasi
·
Guru meminta siswa membuat
intisari dari seluruh pembelajaran
yang dipelajari pada hari ini.
|
·
Siswa mencari pasangan dari
kartu yang pegangnya
·
Siswa membacakan pertanyaan
dan jawaban pada kartu yang dipegang
·
Siswa yang lain mendengarkan
dengan seksama kemudian menanggapi atau memberi masukan/ respon
·
seksama kemudian menanggapi
/member masaukan/respon.
·
Siswa membuat inti sari dari
seluruh pembelajaran hari ini
|
Gemar
membaca
rasa ingin
tahu,
cinta ilmu,
menghargai
perbedaan
pendapat
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa ingin tahu
cinta ilmu
Percaya diri
Tanggung
jawab,
Menghargai
Perbedaan pendapat
,bersahabat/ komunikatif.
|
55
menit
|
3
|
Penutup atau Extend
·
Guru bersama Siswa
menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari hari
ini
·
Guru memberikan penghargaan
kepada siswa ata partisispasi aktifnya dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan tugas tindakkan lanjut pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
|
·
Siswa membacakan rangkuman
pembelajaran secara klasikal
·
Siswa mencatat tugas yang
diberikan oleh guru.
|
Cinta ilmu
Disiplin
Disiplin
Tanggung jawab
|
15
menit
|
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
PKn BSE Kelas IX
2. UUD
1945
3. UU
No.37 tahun 1999 tentang Perjanjian Internasional
4. Perpres
No.7 tahun 2004 tentang RPJMN 2004-2009
F. Media pembelajaran
Kartu
soal dan jawaban
G.Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum ,selama, dan sesudah proses pembelajaran .
a. Teknik
penilaian :Tes Tertulis
b. Bentuk :Uraian
c. Instrumen
penilaian :Terlampir
Soal :
Berilah tanda cek (v) pada kolom
yang sesuai dengan pendapat kalaian
Keeterangan
TS : setuju
TT :Tidak Tahu
S :
Setuju
No
|
pernyataan
|
TS
|
TT
|
S
|
1
|
Berpakaian
ketat karena lebih modern
|
|||
2
|
Menggunakan
handphone sesuai kebutuhan
|
|||
3
|
Memngunakan
produk luar negeri dengan merk
Yang lbeih
mendunia
|
|||
4
|
Mengunakan
sarana internet untuk berkomunikasi dengan teman-teman diseluruh dunia
|
Mengetahui
Pontianak, 2016
Kepala
SMP Negeri 11 Pontianak Guru
Mapel PKn
Hj.Juliana
Sanusi ..M.PD. Mohamat Sukardi
No comments:
Post a Comment