RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/II
Standar Kompetensi : 3. Memahami
dampak globalisasi dalam kehidupan
bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar : 3.2 Mmendeskripsikan
politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
Indikato :Menjelaskan hakikat
politik luar negeri bebasa aktif
Menguraikan landasan hukum politik luar negeri
Indonesia
Menjelaskan peranan Indonesia dalam hubungan
Internasional di era Globalisasi
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran ,siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan arti politik luar negeri yang bebas
aktif
2.
Menunjukkan dasar hukum politik luar negeri
Indonesia yang bebas aktif
3.
Menyebutkan tujuan Politik luar negeri RI
4.
Menjelaskan arti pentingnya hubungan
Internasional
5.
Menjelaskan peranan Indonesia dalam perdamaian
dunia.
v Karakter
yang diharapkan :
Santun,religius,disiplin ,peduli ,cinta tanah
air, demokratis, semangat kebangsaan ,gemar, membaca ,menghargai pendapat orang
lain ,kerjasama ,bersahabat, komunikatif.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Politik Luar negeri Bebas aktif
2.
Landasan hukum Politik luar negeri Indonesia
3.
Peranan Indonesia dalam hubungan Internasioanal
Di era globalisasi
C.
Model Pembelajaran : Expository
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
bervariasi
2. Tanya
Jawab
3. Diskusi
D.
Langkah –langkah Pembelajaran
|
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai
Karakter
|
Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
a.Apersepsi/Intruduction
·
Guru mengucapkan salam
dan mengajak siswa berdo’a bersama.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
·
Guru mengingatkan
kembali materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
·
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b. Motivasi / connection
·
Penjajaan kesiapan
belajar siswa dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan politik Luar
negeri Indonesia
|
·
Siswa berdo’a bersama
·
Siswa memberitahukanguru
kalau ada siswa yang tidak hadir
· Siswa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan sebelmumnya
·
Siswa mendengarkan guru
dengan seksama
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru yang berkaitan dengan dengan politik Luar negeri Indonesia
|
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa
ingin tahu
cinta
ilmu
· Rasa ingin tahu ,disiplin,dan santun
|
10
menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti /Application
a. Eksplorasi
·
Guru menyajikan materi
pembelajaran dengan mengunakan media power point tentang materi politik luar
negeri Indonesia
·
Siswa dan guru bertanya
jawab menegenai tujuan dan Fungsi
Negara Indonesia
b.Elaborasi
·
Guru memberikan tugas
Individual.
·
Guru memfasilitasi siswa
untuk menyajikan hasil kerja mereka melalui diskusi klasikal
C,Konfirmasi
·
Guru melakukan refleksi
terhadap materi yang telah dipelajari tentang politik luar negeri Indonesia
·
Guru meminta siswa membuat
intisari dari seluruh pembelajaran
yang dipelajari pada hari ini.
|
·
Siswa memperhatikan
penjelasan guru dengan seksama.
·
·
Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
·
Beberapa siswa
mempresentasikan hasil kerja mereka
·
Siswa yang lain mendengarkan
dengan seksama kemudian menanggapi /member masaukan/respon.
·
Siswa membuat inti sari dari
seluruh pembelajaran hari ini.
|
Gemar
membaca
rasa ingin tahu,
cinta ilmu,
menghargai
perbedaan
pendapat
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa ingin tahu
cinta ilmu
Percaya diri
Tanggung jawab,
Menghargai
Perbedaan pendapat ,bersahabat/ komunikatif.
Cinta ilmu
Disiplin
|
55
menit
|
|
3
|
Penutup
atau Extend
·
Guru bersama Siswa
menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari hari
ini
·
Guru memberikan penghargaan
kepada siswa ata partisispasi aktifnya dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan tugas tindakkan lanjut pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
|
·
Siswa membacakan rangkuman
pembelajaran secara klasikal
·
Siswa mencatat tugas yang
diberikan oleh guru.
|
Disiplin
|
15
menit
|
E.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku PKn BSE Kelas IX
2.
UUD 1945
3.
UU No.37 tahun 1999 tentang Perjanjian
Internasional
4.
Perpres No.7 tahun 2004 tentang RPJMN 2004-2009
F.
Media pembelajaran
Laptop,
LCD Proyektor
G.Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum
,selama, dan sesudah proses pembelajaran .Pada saat diskusi , teknik penilaian
yang dilakaukan adalah tes tertulis .
a.
Teknik penilaian :Tes Tertulis
b.
Bentuk
: pilihan ganda
c.
Instrumen penilaian :Terlampir
Soal
:
1.
Politik luar negeri Indonesia adalah bebas
aktif .aktif mengandung makna…..
a. Tidak
memihak dalam poersoalan dunia
b. Memilik
kebebasan menentukan nasibnya sendiri
c. Ikut
serta dalam salah satu blok barat atau
timur
d.
Ikut serta mewujudkan ketertiban dunia
2.
Pentingnya hubungan Internasional bagi suatu
Negara adalah…
a. Terpenuhinya
segala kebutuhan melalui jalinan kerja sama
b. Agar
dapat berkerja sama dengan semua bangsa didunia
c. Memperoleh
pengakuan kedaualata dari negara lain.
d.
Suatu Negara tidak dapat memenuhi sagala
kebutuhanya sendiri
3.
Diplomasi yang rasional dan luwes dalam
pemdekatan sanagat penting dalam hubungan internasional ,terutama dalam…
a. Memnghadapi
konflik dengan Negara lain
b. Menjalin
kerja sama dengan Negara lain
c. Mangada
perjanjian dengan Negara lain
d.
Mengangkat dan menerima duta luar negeri
4.
Dengan politik luar negeri yang bebas dan aktif
.Indonesia menenpatkan dirinya sebagai..
a. Subyek
dalam hubungan internasional
b. Onyel
dalam hubungan internasional
c. Isolasionis
atau pun ekspansionis
d. Penentang
blok Negara-negara tertentu
5.
Landasan konstitusiional politik luar negeri
Indoneisia adalah..
a. Pancasia
b. UU
No. 37 Tahun 1999
c. UUD
1945
d. Perpres
No.7 Tahun 2005
Kunci
Jawaban
1)
D
2)
B
3)
B
4)
A
5)
C
Skor Penilaian Tes Tertulis
|
Nomor Soal
|
Point
|
|
1
|
20
|
|
2
|
20
|
|
3
|
20
|
|
4
|
20
|
|
5
|
20
|
|
Skor Akhir
|
100
|
Skor Penilaian : (Nilai yang diperoleh : Nilai
Maksimal) x 100
Mengetahui
Pontianak,
2016
Kepala
SMP Negeri 11 Pontianak Guru
Mapel PKn
Hj.Juliana
Sanusi ..M.PD. Mohamat Sukardi
No comments:
Post a Comment