Sunday, 31 January 2016

RPP PKN KELAS IX SEMESTER 2 "POLITIK LUAR NEGERI"



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                 :     ........................... 
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                 :     IX/II
Standar Kompetensi      :     3.   Memahami dampak globalisasi dalam  kehidupan bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar           :     3.2 Mmendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global
Alokasi Waktu                 :    2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
Indikato                       :Menjelaskan hakikat politik luar negeri bebasa aktif
Menguraikan landasan hukum politik luar negeri Indonesia
Menjelaskan peranan Indonesia dalam hubungan Internasional di era Globalisasi

A.Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran ,siswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan arti politik luar negeri yang bebas aktif
2.      Menunjukkan dasar hukum politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif
3.      Menyebutkan tujuan Politik luar negeri RI
4.      Menjelaskan arti pentingnya hubungan Internasional
5.      Menjelaskan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.

v  Karakter yang diharapkan :
Santun,religius,disiplin ,peduli ,cinta tanah air, demokratis, semangat kebangsaan ,gemar, membaca ,menghargai pendapat orang lain ,kerjasama ,bersahabat, komunikatif.

B. Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Politik Luar negeri Bebas aktif
2.      Landasan hukum Politik luar negeri Indonesia
3.      Peranan Indonesia dalam hubungan Internasioanal Di era globalisasi

C. Model Pembelajaran : Expository
                                                                  Metode Pembelajaran
1.      Ceramah bervariasi
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi


D. Langkah –langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Nilai
Karakter
Waktu
1
Pendahuluan
a.Apersepsi/Intruduction
·         Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa berdo’a bersama.
·         Guru mengecek kehadiran siswa dan kebersihan kelas
·         Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
·         Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran  yang ingin dicapai



b. Motivasi / connection
·         Penjajaan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan politik Luar negeri Indonesia


·         Siswa berdo’a bersama





·         Siswa memberitahukanguru kalau ada siswa yang tidak hadir
·      Siswa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan sebelmumnya

·         Siswa mendengarkan guru dengan seksama

·         Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan dengan politik Luar negeri Indonesia

Santun,

religius,

disiplin

peduli

rasa ingin tahu

cinta ilmu


·   Rasa ingin tahu ,disiplin,dan santun
10
menit
2
Kegiatan Inti /Application
a.      Eksplorasi
·         Guru menyajikan materi pembelajaran dengan mengunakan media power point tentang materi politik luar negeri Indonesia

·         Siswa dan guru bertanya jawab menegenai tujuan  dan Fungsi Negara Indonesia



b.Elaborasi
·         Guru memberikan tugas Individual.
·         Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja mereka melalui diskusi klasikal





C,Konfirmasi
·         Guru melakukan refleksi terhadap materi yang telah dipelajari tentang politik luar negeri Indonesia
·         Guru meminta siswa membuat intisari  dari seluruh pembelajaran yang dipelajari pada hari ini.
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan seksama.
·          











·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
·         Beberapa siswa mempresentasikan hasil kerja mereka
·         Siswa yang lain mendengarkan dengan seksama kemudian menanggapi /member masaukan/respon.



·         Siswa membuat inti sari dari seluruh pembelajaran hari ini.
Gemar
membaca
rasa ingin tahu,
cinta ilmu,
menghargai
perbedaan
pendapat




Santun,

religius,

disiplin

peduli

rasa ingin tahu

cinta ilmu



Percaya diri
Tanggung jawab,
Menghargai
Perbedaan pendapat ,bersahabat/ komunikatif.

 Cinta ilmu
Disiplin





55
menit
3
Penutup atau Extend
·         Guru bersama Siswa menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari hari ini
·         Guru memberikan penghargaan kepada siswa ata partisispasi aktifnya dalam kegiatan  pembelajaran
·         Guru memberikan tugas  tindakkan lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 
·         Siswa membacakan rangkuman pembelajaran secara klasikal



·         Siswa mencatat tugas yang diberikan  oleh  guru.




Disiplin
15
menit

E. Sumber Pembelajaran
1.      Buku PKn BSE Kelas IX
2.      UUD 1945
3.      UU No.37 tahun 1999 tentang Perjanjian Internasional
4.      Perpres No.7 tahun 2004 tentang RPJMN 2004-2009



F. Media pembelajaran
                 Laptop, LCD Proyektor

G.Penilaian
                  Penilaian dilakukan sebelum ,selama, dan sesudah proses pembelajaran .Pada saat diskusi , teknik penilaian yang dilakaukan adalah tes tertulis .

a.      Teknik penilaian                                :Tes Tertulis
b.      Bentuk                                                : pilihan ganda
c.       Instrumen penilaian                          :Terlampir

Soal :

1.      Politik luar negeri Indonesia adalah bebas aktif .aktif mengandung makna…..
a.      Tidak memihak dalam poersoalan dunia
b.      Memilik kebebasan menentukan nasibnya sendiri
c.       Ikut serta dalam salah satu blok barat  atau timur
d.      Ikut serta mewujudkan ketertiban dunia

2.      Pentingnya hubungan Internasional bagi suatu Negara adalah…
a.      Terpenuhinya segala kebutuhan melalui jalinan kerja sama
b.      Agar dapat berkerja sama dengan semua bangsa didunia
c.       Memperoleh pengakuan kedaualata dari negara lain.
d.      Suatu Negara tidak dapat memenuhi sagala kebutuhanya sendiri

3.      Diplomasi yang rasional dan luwes dalam pemdekatan sanagat penting dalam hubungan internasional ,terutama dalam…
a.      Memnghadapi konflik dengan Negara lain
b.      Menjalin kerja sama dengan Negara lain
c.       Mangada perjanjian dengan Negara lain
d.      Mengangkat dan menerima duta luar negeri

4.      Dengan politik luar negeri yang bebas dan aktif .Indonesia menenpatkan dirinya  sebagai..
a.      Subyek dalam hubungan internasional
b.      Onyel dalam hubungan internasional
c.       Isolasionis atau pun ekspansionis
d.      Penentang blok Negara-negara  tertentu
5.      Landasan konstitusiional politik luar negeri Indoneisia adalah..
a.      Pancasia
b.      UU No. 37 Tahun 1999
c.       UUD 1945
d.      Perpres No.7 Tahun 2005

Kunci Jawaban
1)      D
2)      B
3)      B
4)      A
5)      C

Skor Penilaian Tes Tertulis
Nomor Soal
Point
1
20
2
20
3
20
4
20
5
20
Skor Akhir
100

Skor Penilaian : (Nilai yang diperoleh : Nilai Maksimal) x 100

Mengetahui                                                                   Pontianak,               2016
Kepala SMP Negeri 11 Pontianak                           Guru Mapel PKn


Hj.Juliana Sanusi ..M.PD.                                        Mohamat Sukardi

No comments:

Post a Comment