RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.........................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/II
Standar Kompetensi : 3. Memahami
dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat
, berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan
pengertian dan pentingnya globalisasi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
Indikator : -Menjelaskan makna globalisasi
-Menjelaskan factor penyebabglobalisasi
-Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
,siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan
pengertian globalisasi
2. Menjelaskan
fase terjadinya globalisasi
3. Menyebutkan
contoh bentuk globalisasi dalam bidang budaya
4. Menyebutkan
contoh bentuk globalisasi dilihat dari gaya hidup
5. Menjelaskan
pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia
v
Karakter yang diharapkan :
Santun,religius,disiplin ,peduli ,cinta tanah
air, demokratis, semangat kebangsaan ,gemar, membaca ,menghargai pendapat orang
lain ,kerjasama ,bersahabat, komunikatif.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
globalisasi
2. Faktor
pendorong globalisasi
3. Arti
penting globalisasi bagi Indonesia
C. Model Pembelajaran : Jigsaw
Metode
Pembelajaran
1.
Telaah referensi
2.
Diskusi
D. Langkah –langkah Pembelajaran
|
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai
Karakter
|
Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
a.Apersepsi/Intruduction
·
Guru mengucapkan salam
dan mengajak siswa berdo’a bersama.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
·
Guru mengingatkan
kembali materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
·
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b.
Motivasi / connection
·
Penjajaan kesiapan
belajar dengan memberikan pertanyaan dengan globalisasi
|
·
Siswa berdo’a bersama
·
Siswa memberitahukanguru
kalau ada siswa yang tidak hadir
·
Siswa menjawab pertanyaan
mengenai pertanyaan sebelmumnya
·
Siswamendengarkan guru
dengan seksama
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru yang berkaitan dengan dengan globalisasi
|
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa
ingin tahu
cinta
ilmu
|
10
menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti /Application
a.
Eksplorasi
·
Guru menyajikan materi
pembelajaran dengan mengunakan media power point tentang materi globalisasi
dan factor pendorongnya
·
Siswa dibagi menjadi 6
kelompok dengan sistem 6 angka ,yaitu dihitung terlebih dahulu mulai mulai
dari angka 1-6 setelah semua menyebutkan angka tersebut , bagi yang
mengatakan angka 1 berkumpul dengan kelompok 1,yang menyebut angka 2
berkunpul dengan angka 2 begitulah seterusnya.
·
Guru memberikan tugas dan
masing-masing kelompok berdiskusi tentang
1)
Kelompok 1
:Jelaskanpengertian globalisasi
2)
Kelompok2 : Jelaskan unsur-unsur
dalam globalisasi
3)
Kelompok 4 : apa saja yang pengaruh
globalisasi bagi Negara berkembang
4)
Kelompok 5 :Jelaskan arti
penting globalisasi bagi Indonesia
b.Elaborasi
·
Berdasarkan tugas tersebut
tadi ,maka tiap kelompok yang telah terbentuk untuk melakukan diskusi tentang
materi yang telah dibuat oleh guru tersebut.
C,Konfirmasi
·
Guru memanggil salah satu
siswa untuk mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil dari kelompoknya .
·
Kelompok lain dapat
mananggapi atau member masukan atau merespon.
·
Guru mengklarifikasi bila
timbul permasalahan atau perbedaan pendapat
·
Guru meminta siswa membuat
intisari dari seluruh pembaelajaran
yang dipelajari pada hari ini.
|
·
Siswa memperhatikan
penjelasan guru dengan seksama.
·
Siswa menegerjakan tugas
yang diberikan oleh guru
·
Siswa mempresentasikan hasil
diskusi
·
Siswa dari
kelompoklainmendengarkan dengan seksama kemudian menanggapi atau memberi
masukan /respon
·
Siswa membuat inti sari dari
seluruh pembelajaran hari ini.
|
Gemar
membaca
rasa ingin
tahu,
cinta ilmu,
menghargai
perbedaan
pendapat
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa ingin tahu
cinta ilmu
Percaya diri
Tanggung
jawab,
Menghargai
Perbedaan
pendapat ,bersahabat/ komunikatif.
|
55
menit
|
|
3
|
Penutup atau Extend
·
Guru bersama Siswa
menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari hari
ini
·
Guru memberikan penghargaan
kepada siswa ata partisispasi aktifnya dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan tugas tindakkan lanjut pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
|
·
Siswa membacakan rangkuman
pembelajaran secara klasikal
·
Siswa mencatat tugas yang
diberikan oleh guru.
|
Cinta ilmu
Disiplin
Disiplin
|
15
menit
|
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
PKn BSE Kelas IX
2. UUD
1945
3. UU
No.37 tahun 1999 tentang Perjanjian Internasional
4. Perpres
No.7 tahun 2004 tentang RPJMN 2004-2009
F. Media pembelajaran
Laptop,
LCD Proyektor
G.Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum ,selama, dan sesudah proses pembelajaran .Pada saat diskusi ,
teknik penilaian yang dilakaukan adalah tes tertulis .
a. Teknik
penilaian :Tes Tertulis
b. Bentuk :Uraian
c. Instrumen
penilaian :Terlampir
Soal :
1. Jelaskan
pengertian globalisasi
2. Apa
saja yang menjadi factor utama pendorong globalisasi ?
3. Apa
pengaruh globalisasi pada Negara –negara berkembang ?
4. Apa
arti Indonesia ?
Kunci
Jawaban :
1.
Globalisasi adalah suatu era dimana munculnya
saling ketergantungan dalam hampir seluruh dimensi kehidupan dalam hubungan
antar bangsa
2.
Globalisasi dunia disebabkan oleh perkembangan
teknologi ,terutama dibidang transportasi, komunikasi, dan informasi.
3.
Seiring dengan globalisasi , pendapatan Negara –negara berkembang mengalami penurunan
4.
Globalisasi mendorong bangsa Indonoesia untuk
terus melakukan perubahan dengan kreativitas dan inovasi melalui penguasaan
terhadap iptek.
Skor Penilaian Tes Tertulis
|
Nomor Soal
|
Point
|
|
1
|
25
|
|
2
|
25
|
|
3
|
25
|
|
4
|
25
|
|
Skor Akhir
|
100
|
Skor Penilaian : (Nilai yang diperoleh : Nilai Maksimal) x 100
Format penilaian diskusi kelompok
|
No
|
Nama
|
|
Total
nilai
|
presentasi
|
||||
|
|
|
sikap
|
keaktifan
|
wawasan
|
Kemampuan mengemukaan pendapat
|
Kerja
sama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian :
A.
|
B.
Kurang Baik Skor2
C.
Cukup Baik Skor3
D.
Baik Skor4
E.
Sangar baik Skor5
Lembar
Pengamatan Karakter Kerja sama
|
No
|
nama
|
Karakter
|
Jumlah skor
|
||
|
Aktif dalam diskusi atau kerja kelompok
|
Menghargai anggota kelompok yang lain
|
Memberikan kontribusi dalam pemecahan masalah
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian
MK /A
= Membudaya (apabila peserta didik terus meneruskan memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten ) dengan skor 4
MB/B
= Mulai Berkembang (apa bila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten ) dengan skor 3
MT/C
= mulai terlihat apa bila ( apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal prilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten ) dengan Skor 2
BT/D
= Belum Terlihat ( apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda –tanda awal
perilaku yang dinyatakan dalam indikator ) , dengan rentang Skor 1
Nilai
sama dengan Jumlah skor dibagi 12 ( jumlah skor Ideal ) dikalikan 100
Mengetahui
Pontianak, 2016
Kepala
SMP Negeri 11 Pontianak Guru
Mapel PKn
Hj.Juliana
Sanusi ..M.PD. Mohamat sukardi
No comments:
Post a Comment