RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/II
Standar Kompetensi : 3. Memahami
dampak globalisasi dalam kehidupan
bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan
dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
Indikator : Menjelaskan dampak glabalisasi yang
positif bagi kehidupan bermasyarakat dan
,barbangsa , dan bernegara.
Menjelaskan dampak glabalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan
bernegara.
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
,siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan dampak glabalisasi yang positif
bagi kehidupan bermasyarakat dan
,barbangsa , dan bernegara.
2.
Menjelaskan dampak glabalisasi yang negatif
bagi kehidupan bermasyarakat dan
,barbangsa , dan bernegara.
3.
Memberikan contoh dampak glabalisasi yang
positif bagi kehidupan bermasyarakat dan
,barbangsa , dan bernegara.
4.
Memberikan contoh dampak glabalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan
bernegara.
v
Karakter yang diharapkan :
Santun,religius,disiplin ,peduli ,cinta tanah
air, demokratis, semangat kebangsaan ,gemar, membaca ,menghargai pendapat orang
lain ,kerjasama ,bersahabat, komunikatif.
B. Materi Pembelajaran
1.
Dampak
glabalisasi yang positif bagi kehidupan
bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.
2.
Dampak glabalisasi yang positif bagi kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan
bernegara.
C. Model Pembelajaran :
Expository
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
D. Langkah –langkah Pembelajaran
|
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai
Karakter
|
Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
a.Apersepsi/Intruduction
·
Guru mengucapkan salam
dan mengajak siswa berdo’a bersama.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
·
Guru mengingatkan
kembali materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
·
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b.
Motivasi / connection
·
Penjajaan kesiapan
belajar dengan memberikan pertanyaan berkaitan dengan dampak positif dan
negatif globalisasi
|
·
Siswa berdo’a bersama
·
Siswa memberitahukan guru
kalau ada siswa yang tidak hadir
·
Siswa menjawab pertanyaan
mengenai pertanyaan sebelmumnya
·
Siswamendengarkan guru
dengan seksama
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru yang berkaitan dengan dampak positif dan negatif globalisasi
|
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa
ingin tahu
cinta
ilmu
|
10
menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti /Application
a.
Eksplorasi
·
Guru menyajikan materi
pembelajaran dengan mengunakan media power point tentang materi dampak
positif dan negatif globalisasi
·
Siswa dan guru bertanya
jawab menegenai dampak positif dan negatif globalisasi
b.Elaborasi
·
Guru memberikan tugas
Individual.
·
Guru memfasilitasi siswa
untuk menyajikan hasil kerja mereka melalui diskusi klasikal
C,Konfirmasi
·
Guru melakukan refleksi
terhadap materi yang telah dipelajari tentang dampak positif dan negatif
globalisasi
·
Guru meminta siswa membuat
intisari dari seluruh pembelajaran
yang dipelajari pada hari ini.
|
·
Siswa memperhatikan
penjelasan guru dengan seksama.
·
Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
·
Beberapa siswa
mempresentasikan hasil kerja mereka
·
Siswa yang lain mendengarkan
dengan seksama kemudian menanggapi /member masaukan/respon.
·
Siswa membuat inti sari dari
seluruh pembelajaran hari ini
|
Gemar
membaca
rasa ingin
tahu,
cinta ilmu,
menghargai
perbedaan
pendapat
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa ingin tahu
cinta ilmu
Percaya diri
Tanggung
jawab,
Menghargai
Perbedaan
pendapat ,bersahabat/ komunikatif.
|
55
menit
|
|
3
|
Penutup atau Extend
·
Guru bersama Siswa
menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari hari
ini
·
Guru memberikan penghargaan
kepada siswa ata partisispasi aktifnya dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan tugas tindakkan lanjut pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
|
·
Siswa membacakan rangkuman
pembelajaran secara klasikal
·
Siswa mencatat tugas yang
diberikan oleh guru.
|
Cinta ilmu
Disiplin
Disiplin
|
15
menit
|
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
PKn BSE Kelas IX
2. UUD
1945
3. UU
No.37 tahun 1999 tentang Perjanjian Internasional
4. Perpres
No.7 tahun 2004 tentang RPJMN 2004-2009
F. Media pembelajaran
Laptop,
LCD Proyektor
G.Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum ,selama, dan sesudah proses pembelajaran .
a. Teknik
penilaian :Tes Tertulis
b. Bentuk :Uraian
c. Instrumen
penilaian :Terlampir
Soal :
1. Jelaskan
dampak globalisasi dalam bidang ekonomi !
2. Jelasakan
damapak globalisasi dibidang politik !
3. Jelaskan
dampak globalisasi terhadap perdamaian dunia!
Kunci
Jawaban :
1.
Perekonomian global member dua dampak yang bertentangan bagi
Negara-negara berkembang termasuk Indonesia .Disatu sisi ,perekonomian global
mendorong pertumbuhan ekonomi suatu Negara .Pada sisi lain globalisasi ekonomi
memnimbulkan ketidak adilan global.
2.
Globalisasi politik menimbulkan dilema
kedaulatan nasional .Disatu sisi ,politik global mendorong konsilidasi
demokrasi dibanyak Negara dan meningkatkan kontrol global yang mendukung
penegak hak asasi manusia dan peradaban dunia.sementara disisi lain ,juga memicu munculnya otoritarianisme
ditingkat global yang memandukan demokrasi.
3.
Persoalan senjata nuklir ,ledakan penduduk, dan
krisis sumber daya alam masih merupakan ancaman yang pontensial bagi perdamaian
dan keselamatan umat manusia di dunia.Gejala lain yang cukup mengkhawatirkan
untuk memicu keresahan global ialah
kerusakan lingkungan dan berbagai fenomena tran-nasional.Disamping itu, yaitu
fenomena terorisme global yang sangat potensial untuk mengoyak perdamaian
dunia.
Skor Penilaian Tes Tertulis
|
Nomor Soal
|
Point
|
|
1
|
35
|
|
2
|
35
|
|
3
|
30
|
|
Skor Akhir
|
100
|
Skor Penilaian : (Nilai yang diperoleh : Nilai Maksimal) x 100
Mengetahui
Pontianak, 2016
Kepala
SMP Negeri 11 Pontianak Guru
Mapel PKn
Hj.Juliana
Sanusi ..M.PD. Mohamat Sukardi
check out here japanese sex dolls,dildo,sex toys,cheap sex toys,cheap dildo,horse dildo,dog dildo,sex toys,cheap sex toys pop over here
ReplyDelete