Sunday, 31 January 2016

RPP PKN KELAS IX Semester 2 " DAMPAK GLOBALISASI"



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                 :    ..................
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                 :     IX/II
Standar Kompetensi      :     3.   Memahami dampak globalisasi dalam  kehidupan bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar           :     3.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara
Alokasi Waktu                 :    2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
Indikator                       :      Menjelaskan dampak glabalisasi yang positif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.
Menjelaskan dampak glabalisasi yang negatif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.

A.Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran ,siswa diharapkan dapat :

1.      Menjelaskan dampak glabalisasi yang positif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.
2.      Menjelaskan dampak glabalisasi yang negatif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.
3.      Memberikan contoh dampak glabalisasi yang positif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.
4.      Memberikan contoh  dampak glabalisasi yang negatif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.



v  Karakter yang diharapkan :
Santun,religius,disiplin ,peduli ,cinta tanah air, demokratis, semangat kebangsaan ,gemar, membaca ,menghargai pendapat orang lain ,kerjasama ,bersahabat, komunikatif.

B. Materi Pembelajaran
1.       Dampak glabalisasi yang positif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.
2.      Dampak glabalisasi yang positif bagi  kehidupan bermasyarakat dan ,barbangsa , dan bernegara.

C. Model Pembelajaran : Expository

            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi

D. Langkah –langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Nilai
Karakter
Waktu
1
Pendahuluan
a.Apersepsi/Intruduction
·         Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa berdo’a bersama.
·         Guru mengecek kehadiran siswa dan kebersihan kelas
·         Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
·         Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran  yang ingin dicapai



b. Motivasi / connection
·         Penjajaan kesiapan belajar dengan memberikan pertanyaan berkaitan dengan dampak positif dan negatif  globalisasi


·         Siswa berdo’a bersama





·         Siswa memberitahukan guru kalau ada siswa yang tidak hadir
·         Siswa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan sebelmumnya



·         Siswamendengarkan guru dengan seksama


·         Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan dampak positif dan negatif globalisasi
Santun,

religius,

disiplin

peduli

rasa ingin tahu

cinta ilmu


10
menit
2
Kegiatan Inti /Application
a.      Eksplorasi
·         Guru menyajikan materi pembelajaran dengan mengunakan media power point tentang materi dampak positif dan negatif globalisasi

·         Siswa dan guru bertanya jawab menegenai dampak positif dan negatif globalisasi


b.Elaborasi
·         Guru memberikan tugas Individual.


·         Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja mereka melalui diskusi klasikal





C,Konfirmasi
·         Guru melakukan refleksi terhadap materi yang telah dipelajari tentang dampak positif dan negatif globalisasi


·         Guru meminta siswa membuat intisari  dari seluruh pembelajaran yang dipelajari pada hari ini.


·         Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan seksama.











·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru


·         Beberapa siswa mempresentasikan hasil kerja mereka
·         Siswa yang lain mendengarkan dengan seksama kemudian menanggapi /member masaukan/respon.









·         Siswa membuat inti sari dari seluruh pembelajaran hari ini






Gemar
membaca
rasa ingin tahu,
cinta ilmu,
menghargai
perbedaan
pendapat









Santun,

religius,

disiplin

peduli

rasa ingin tahu

cinta ilmu




Percaya diri
Tanggung jawab,
Menghargai
Perbedaan pendapat ,bersahabat/ komunikatif.




55
menit
3
Penutup atau Extend
·         Guru bersama Siswa menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari hari ini
·         Guru memberikan penghargaan kepada siswa ata partisispasi aktifnya dalam kegiatan  pembelajaran
·         Guru memberikan tugas  tindakkan lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 
·         Siswa membacakan rangkuman pembelajaran secara klasikal



·         Siswa mencatat tugas yang diberikan  oleh  guru.
Cinta ilmu
Disiplin




Disiplin
15
menit

E. Sumber Pembelajaran
1.      Buku PKn BSE Kelas IX
2.      UUD 1945
3.      UU No.37 tahun 1999 tentang Perjanjian Internasional
4.      Perpres No.7 tahun 2004 tentang RPJMN 2004-2009

F. Media pembelajaran
            Laptop, LCD Proyektor

G.Penilaian
            Penilaian dilakukan sebelum ,selama, dan sesudah proses pembelajaran .

a.      Teknik penilaian                    :Tes Tertulis
b.      Bentuk                                    :Uraian
c.       Instrumen penilaian              :Terlampir

Soal :

1.      Jelaskan dampak globalisasi dalam bidang ekonomi !
2.      Jelasakan damapak globalisasi dibidang politik !
3.      Jelaskan dampak globalisasi terhadap perdamaian dunia!

Kunci Jawaban :
1.      Perekonomian global member  dua dampak yang bertentangan bagi Negara-negara berkembang termasuk Indonesia .Disatu sisi ,perekonomian global mendorong pertumbuhan ekonomi suatu Negara .Pada sisi lain globalisasi ekonomi memnimbulkan ketidak adilan global.
2.      Globalisasi politik menimbulkan dilema kedaulatan nasional .Disatu sisi ,politik global mendorong konsilidasi demokrasi dibanyak Negara dan meningkatkan kontrol global yang mendukung penegak hak asasi manusia dan peradaban dunia.sementara  disisi lain ,juga memicu munculnya otoritarianisme ditingkat global yang memandukan demokrasi.
3.      Persoalan senjata nuklir ,ledakan penduduk, dan krisis sumber daya alam masih merupakan ancaman yang pontensial bagi perdamaian dan keselamatan umat manusia di dunia.Gejala lain yang cukup mengkhawatirkan untuk memicu keresahan global  ialah kerusakan lingkungan dan berbagai fenomena tran-nasional.Disamping itu, yaitu fenomena terorisme global yang sangat potensial untuk mengoyak perdamaian dunia.

Skor Penilaian Tes Tertulis
Nomor Soal
Point
1
35
2
35
3
30
Skor Akhir
100

Skor Penilaian : (Nilai yang diperoleh : Nilai Maksimal) x 100
Mengetahui                                                                Pontianak,                  2016
Kepala SMP Negeri 11 Pontianak                                       Guru Mapel PKn


Hj.Juliana Sanusi ..M.PD.                                                    Mohamat Sukardi

1 comment: