RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/II
Standar Kompetensi : 4.Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan
demi keunggulan bangsa
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
Indikator : menjelaskan pengertian prestasi diri
Menjelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa Indonesia
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
,siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan
pengertian prestasi diri
2. Menjelaskan
pentingnya Prestasi diri
3. Menyebutkan
contoh cara menggali prestasi diri
4. Memberikan
contoh prestasi bangsa Indonesia
5. Menejelaskan
pentingnya prestasi bangsa Indonesia
v
Karakter yang diharapkan :
Santun,religius,disiplin ,peduli ,cinta tanah
air, demokratis, semangat kebangsaan ,gemar, membaca ,menghargai pendapat orang
lain ,kerjasama ,bersahabat, komunikatif.
B. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
prestasi diri dan keunggulan bangsa
2.
Arti penting prestasi diri bagi keunggulan
bangsa Indonesia
C. Model Pembelajaran : ceramah
bervariasi
D.
Langkah –langkah Pembelajaran
|
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai
Karakter
|
Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
a.Apersepsi/Intruduction
·
Guru mengucapkan salam
dan mengajak siswa berdo’a bersama.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa dan kebersihan kelas
·
Guru mengingatkan
kembali materi sebelumnya yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
·
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai
b. Motivasi / connection
·
Penjajaan kesiapan
belajar siswa dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan prestasi
diri dan keunggulan bangsa
|
·
Siswa berdo’a bersama
·
Siswa memberitahukanguru
kalau ada siswa yang tidak hadir
· Siswa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan sebelmumnya
·
Siswa mendengarkan guru
dengan seksama
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru yang berkaitan dengan prestasi diri dan keunggulan bangsa
|
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa
ingin tahu
cinta
ilmu
· Rasa ingin tahu ,disiplin,dan santun
|
10
menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti /Application
a. Eksplorasi
·
Guru menyajikan materi
pembelajaran dengan mengunakan media power point tentang materi prestasi diri
dan keunggulan bangsa
·
Siswa dan guru bertanya
jawab menegenai tujuan dan Fungsi
Negara Indonesia
b.Elaborasi
·
Guru memberikan tugas
Individual.
·
Guru memfasilitasi siswa
untuk menyajikan hasil kerja mereka melalui diskusi klasikal
C,Konfirmasi
·
Guru melakukan refleksi
terhadap materi yang telah dipelajari tentang prestasi diri dan keunggulan bangsa
·
Guru meminta siswa membuat intisari
dari seluruh pembelajaran yang dipelajari pada hari ini.
|
·
Siswa memperhatikan
penjelasan guru dengan seksama.
·
Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
·
Beberapa siswa
mempresentasikan hasil kerja mereka
·
Siswa yang lain mendengarkan
dengan seksama kemudian menanggapi /member masaukan/respon.
·
Siswa membuat inti sari dari
seluruh pembelajaran hari ini.
|
Gemar
membaca
rasa ingin tahu,
cinta ilmu,
menghargai
perbedaan
pendapat
Santun,
religius,
disiplin
peduli
rasa ingin tahu
cinta ilmu
Percaya diri
Tanggung jawab,
Menghargai
Perbedaan pendapat ,bersahabat/ komunikatif.
Cinta ilmu
Disiplin
|
55
menit
|
|
3
|
Penutup
atau Extend
·
Guru bersama Siswa
menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari hari
ini
·
Guru memberikan penghargaan
kepada siswa ata partisispasi aktifnya dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan tugas tindakkan lanjut pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
|
·
Siswa membacakan rangkuman
pembelajaran secara klasikal
·
Siswa mencatat tugas yang
diberikan oleh guru.
|
Disiplin
,disipilin tanggung jawab
|
15
menit
|
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
PKn BSE Kelas IX
2. Media
cetak dan elektronik
F. Media pembelajaran
Laptop,LCD
Proyektor
G.Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum ,selama, dan sesudah proses pembelajaran .
a. Teknik
penilaian :Tes Tertulis
b. Bentuk :Uraian
c. Instrumen
penilaian :Terlampir
Soal :
1. Jelaskan
pengertian prestasi diri!
2. Jelaskan
pengertian keunggulan bangsa !
3. Jelaskan
arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa !
4. Sifat
–sifat apa saja yang harus ditanamkan agar dapat berprestasi?
5.
Kunci jawaban :
1. Prestasi
diri adalah hasil perjuangan manusia dalam mengembangkan potensi diri untuk
menguasai dan mengembang iptek secara benar dan bermanfaat
2. Keunggulan
bangsa adala kemajuan suatu bangsa terhadap bangsa –bangsa lain dalam bidang tehnologi maupun ekonomi
3. Keunggulan
suatu bangsa atau Negara sangat ditentukan oleh keunggulan dan prestasi dari
tiap-tiap warga negaranya.Artinya prestasi diri dari setiap warga Negara sangat
mendukung keunggulan bangsa .
4. Mandiri
,kerja keras ,gigih,rajin,tekun, kooperatif ,kebersamaan dan tanggung jawab.
Skor
penilaian tes terlulis :
|
Nomor Soal
|
Point
|
|
1
|
25
|
|
2
|
25
|
|
3
|
25
|
|
4
|
25
|
|
Skor Akhir
|
100
|
Skor
Penilaian : ( Nilai yang diperoleh : Nilai Maksimal ) X 100
Mengetahui
Pontianak, 2016
Kepala
SMP Negeri 11 Pontianak Guru
Mapel PKn
Hj.Juliana
Sanusi ..M.PD. Mohamat Sukardi
No comments:
Post a Comment