RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya.
Indikator
1. Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik.
2. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi.
3. Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi.
4. Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan fluks magnet pada permukaan yang tertembus sejumlah garis gaya magnet.
2. Menyebutkan bunyi hukum Faraday.
3. Membuat dinamo mini.
4. Menyebutkan bunyi hukum Lenz.
5. Menganalisis arah aliran arus dalam suatu kumparan yang dilalui oleh medan magnet melalui hukum Lenz.
6. Menganalisis fenomena munculnya GGL Induksi pada ujung solenoida yang diakibatkan oleh arus AC di dalam solenoida.
7. Menganalisis induktansi oleh perak solenoida yang dialiri arus AC.
8. Memberikan contoh aplikasi hukum Faraday dalam kehidupan sehari-hari.
9. Memformulasikan arus listrik dan tegangan AC.
10. Menjelaskan pengertian diagram fasor.
11. Menjelaskan cara menggambar diagram fasor.
12. Menganalisis besaran-besaran yang terkait dengan arus dan tegangan listrik bolak-balik.
13. Memecahkan permasalahan sederhana pada rangkaian listrik AC yang terdiri dari resistor, induktor, dan kapasitor.
B. Materi Pembelajaran
GGL Induksi, Induktansi, dan Arus Bolak-Balik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Mungkinkah fluks magnetik bernilai nol ketika medan magnet tidak
bernilai nol?
- Apakah kelistrikan dapat dihasilkan oleh peristiwa kemagnetan?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan fluks magnet?
- Sebutkan bunyi hukum Faraday.
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian fluks magnet.
l Peserta didik memperhatikan perumusan untuk mendapatkan persamaan fluks magnet.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan fluks magnet yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan fluks magnet untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Faraday.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan rumusan hukum Faraday.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi GGL induksi.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan GGL induksi yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan GGL induksi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya.
Indikator
1. Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik.
2. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi.
3. Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi.
4. Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan fluks magnet pada permukaan yang tertembus sejumlah garis gaya magnet.
2. Menyebutkan bunyi hukum Faraday.
3. Membuat dinamo mini.
4. Menyebutkan bunyi hukum Lenz.
5. Menganalisis arah aliran arus dalam suatu kumparan yang dilalui oleh medan magnet melalui hukum Lenz.
6. Menganalisis fenomena munculnya GGL Induksi pada ujung solenoida yang diakibatkan oleh arus AC di dalam solenoida.
7. Menganalisis induktansi oleh perak solenoida yang dialiri arus AC.
8. Memberikan contoh aplikasi hukum Faraday dalam kehidupan sehari-hari.
9. Memformulasikan arus listrik dan tegangan AC.
10. Menjelaskan pengertian diagram fasor.
11. Menjelaskan cara menggambar diagram fasor.
12. Menganalisis besaran-besaran yang terkait dengan arus dan tegangan listrik bolak-balik.
13. Memecahkan permasalahan sederhana pada rangkaian listrik AC yang terdiri dari resistor, induktor, dan kapasitor.
B. Materi Pembelajaran
GGL Induksi, Induktansi, dan Arus Bolak-Balik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Mungkinkah fluks magnetik bernilai nol ketika medan magnet tidak
bernilai nol?
- Apakah kelistrikan dapat dihasilkan oleh peristiwa kemagnetan?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan fluks magnet?
- Sebutkan bunyi hukum Faraday.
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian fluks magnet.
l Peserta didik memperhatikan perumusan untuk mendapatkan persamaan fluks magnet.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan fluks magnet yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan fluks magnet untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Faraday.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan rumusan hukum Faraday.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi GGL induksi.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan GGL induksi yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan GGL induksi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
No comments:
Post a Comment